Pendidikan teknik informatika dan komputer belajar info ter update IPTEK

Ads by Google

Popular Posts

Followers

Post Terpopuler

Trending Topik

Visitor Online

BThemes

MIPS DAN BAHASA ASSEMBLY

Ditulis oleh: -
Berdasarkan perancangan perangkat instruksinya, ada 2 jenis arsitektur prosesor yang menonjol saat ini, yaitu arsitektur RISC (Reduce Instruction Set Computer) dan CISC (Complex Instruction Set Computer). Prosesor RISC memiliki instruksi-instruksi yang Iebih sederhana dan lebih cepat untuk dieksekusi dibandingkan prosesor CISC.

Prosesor RISC memiliki ciri-ciri khusus, yaitu:

• Prosesor RISC mengeksekusi instruksi pada setiap satu sikius detak (Robinson, 1987 : 144; Johnson, 1987 153)

• Instruksi pada prosesor RISC memiliki format tetap, sehingga rangkaian pengontrol instruksi menjadi lebih sederhana

• Instruksi yang berhubungan dengan memori hanya instruksi isi (load) dan instruksi simpan (store), instruksi lain dilakukan dalam register internal prosesor

• Prosesor RISC memerlukan waktu kompilasi yang lebih lama daripada prosesor CISC

MIPS (Microprocessor without Interlocked Pipeline Stages) merupakan salah satu contoh prosesor yang dibangun dengan arsitektur RISC. Desain prosesor MIPS saat ini banyak digunakan pada beberapa embedded system (seperti the Series2 TiVo, Windows CE devices, Cisco routers, residential gateways, Foneras, Avaya) dan video games console (seperti Nintendo 64 and Sony PlayStation, PlayStation 2, PlayStation Portable)

Bahasa Assembly merupakan bahasa pemrograman tingkat rendah (Low Level Programming Language) yang kita gunakan untuk memberikan instruksi-instruksi kepada prosesor MIPS. Untuk mensimulasikan pemrograman pada MIPS dengan bahasa Assembly, kita dapat menggunakan beberapa tools, salah satunya ialah PCSpim. Dengan PCSpim, kfta dapat meng-compile, menjalankan, dan melihat hash dan kode-kode program kita.

Namun, karena Assembly adalah bahasa tingkat rendah yang instruksinya terkait erat dengan bahasa mesin, maka penggunaan resource-nya pun sangat terbatas. Tidak seperti halnya pada bahasa pemrograman tingkat tinggi, jumlah operan pada instruksi-instruksi di bahasa Assembly MIPS sangatlah terbatas sesuai jumlah register yang mana digunakan sebagai tempat penyimpanan data. MIPS memiliki register sebanyak 32 buah dengan nomor 0 sampai 31. Untuk memudahkan pengaksesan 32 regIster tersebut, kita dapat menuliskannya dengan simbol $ (dollar) yang diikuti dengan 2 buah karakter.


baca artikel lainnya yang menyangkut bahasa pemrograman

0 komentar "MIPS DAN BAHASA ASSEMBLY", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar